Senin, 19 Desember 2011

SILABUS RETAILING


SILABUS
STIE DHARMA ISWARA MADIUN

1.      Mata Kuliah                                  :  RETAILING
2.      Kode Mk                                       :  EKM 135
3.      Bobot                                            :  3 SKS
4.      Jenjang                                          :  S-1
5.      Deskripsi MK                                :  Mata kuliah ini membahas Gambaran Umum Tentang Ritel Proses Perencanaan dan Manajemen Ritel Sistem Informasi Ritel Pemahaman Tentang Saluran Pemasaran Pemahaman Tentang  Perilaku Konsumen Pemahaman Tentang  Perilaku Pesaing Pemahaman Tentang Lingkungan Sosial, Ekonomi dan Teknologi Pemahaman Tentang Lingkungan Secara Umum Penyusunan Rencana Strategis

6.      Tujuan MK                                    :  Mampu mengidentifikasikan Proses Perencanaan dan Manajemen Ritel Sistem Informasi Ritel Pemahaman Tentang Saluran Pemasaran Pemahaman Tentang  Perilaku Konsumen Pemahaman Tentang  Perilaku Pesaing Pemahaman Tentang Lingkungan Sosial, Ekonomi dan Teknologi Pemahaman Tentang Lingkungan Secara Umum Penyusunan Rencana Strategis

7.      Komposisi Penilaian                      :  Midle test                                                     30 % 
Final test                                                      35 %
Terstruktur                                                   20 %
Diskusi kelas                                                15 %
Mahasiswa masuk kuliah minimal                80 %

8.      Konversi Penilaian                        :  100 – 80                               A
                                                                 75 – 79                               B+
                                                                 70 – 74                               B
                                                                65 – 69                               C+
                                                                 60 – 64                               C
                                                                 55 – 59                               D+
                                                                 50 – 54                               D
                                                                 49 dan <                             E

9.      Buku Wajib :
  1. M. Taufiq Amir, Manajemen Ritel, Panduan Lengkap Pengelola Toko Modern, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005
  2. Robert F Lusch, Management of Retail Entreprises, Kent Publishing Company, Boston, Massachusestts, 1990
  3. Larry D. Redinbaugh, Retailing Management, Mc. Graw Hill, Inc, USA, 2004
  4. Alan West, Perdagangan Eceran, PT Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1992
  5. Hendri Ma’ruf, Pemasaran Ritel, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005
  6. Laurence G. Golden & Donald A. Zimmerman, Effective Retailing, Houghton Mifflin Company Co, Boston, 1986
  7. Irving Burstiner, Basic Retailing, Irwin Homewood, Illinois, 1986



10.  Skedul dan Acuan:
TM
Materi
Acuan
1
1.       PERENCANAAN DAN MANAJEMEN RITEL
1, 2, 3
2
2.       PERENCANAAN DAN MANAJEMEN STRATEGIS RITEL
1, 2, 3
3
3.       PERENCANAAN DAN MANAJEMEN STRATEGIS RITEL
1, 2, 3
4
4.       METODE OPERASI RITEL
1, 2, 3
5,6
5.       METODE OPERASI RITEL
1, 2, 3
7
6.       KESEMPATAN PASAR
1, 2, 3
8
Ujian Tengah Semester

9,10
7.       MANAJEMEN PERDAGANGAN RITEL
1, 2, 3
11
8.       PROMOSI PENJUALAN RITEL
1, 2, 3
12
9.       MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA RITEL
1, 2, 3
13,14
10.   MANAJEMEN KEUANGAN RITEL
1, 2, 3
15
11.   MANAJEMEN PERDAGANGAN RITEL
1, 2, 3
16
Ujian Akhir Semester

Tidak ada komentar:

Posting Komentar