Senin, 19 Desember 2011

SILABUS STRATEGI PEMASARAN


SILABUS
STIE DHARMA ISWARA MADIUN

1.      Mata Kuliah                                  :  STRATEGI PEMASARAN
2.      Kode Mk                                       :  EKM 405
3.      Bobot                                            :  3 SKS
4.      Jenjang                                          :  S-1
5.      Deskripsi MK                                :  Mata kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep dasar manajemen strategi pemasaran secara menyeluruh dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut diaplikasikan pada lingkungan bisnis.

6.      Tujuan MK                                    :  Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa Mampu menggunakan dasar-dasar analisis yang diperoleh untuk pengambilan keputusan pemasaran.

7.      Komposisi Penilaian                      :  Midle test                                                     30 % 
Final test                                                      35 %
Terstruktur                                                   20 %
Diskusi kelas                                                15 %
Mahasiswa masuk kuliah minimal                80 %

8.      Konversi Penilaian                        :  100 – 80                               A
                                                                 75 – 79                               B+
                                                                 70 – 74                               B
                                                                65 – 69                               C+
                                                                 60 – 64                               C
                                                                 55 – 59                               D+
                                                                 50 – 54                               D
                                                                 49 dan <                             E

9.      Buku Wajib :
1.      Internasional Marketing (Philip Kotler)
2.      Manajemen Pemasaran Global (Keegan)
3.      Bisnis Internasional (Donald A. Ball)

10.  Skedul dan Acuan:
Minggu ke
Pokok Bahasan

Bab

1
Membahas Silabus & metode pembelajaran, kontrak kuliah, pembentukan kelompok.

 

2 & 3
MEMAHAMI PEMASARAN DAN PROSES PEMASARAN :
  1. Pemasaran di dunia yang terus berubah : Menciptakan Nilai dan Kepuasan Konsumen
  2. Perencanaan Stratejik dan Proses Pemasaran
  3. Lingkungan Pemasaran


1
2
3
4, 5 & 6
PENGEMBANGAN PELUANG DAN STRATEGI PEMASARAN :
  1. Riset dan Sistem Informasi Pemasaran
  2. Pasar Konsumen dan Perilaku Pembelian Konsumen
  3. Pasar Industri dan Perilaku Pembelian Industri
  4. Mensegmentasi, Membidik dan Melakukan Positioning di Pasar guna Mendapatkan Keunggulan Bersaing


4
5
6

7
7
Ujian Tengah Semester
1-7
8 & 9
PENGEMBANGAN BAURAN PEMASARAN :
  1. Strategi Produk dan Jasa
  2. Strategi Pengembangan Produk Baru dan Siklus Hidup Produk
  3. Penetapan Harga Produk : Pertimbangan dan Pendekatan Penetapan Harga
  4. Menetapkan Harga Produk : Berbagai strategi Penetapan Harga

8
9

10
11
10, 11, & 12
PENGEMBANGAN BAURAN PEMASARAN (lanjutan) :
  1. Saluran Distribusi dan Manajemen Logistik
  2. Penjualan Eceran dan Perdagangan Besar
  3. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu
  4. Pemasangan Iklan, Promosi Penjualan, dan Hubungan Masyarakat
  5. Penjualan Personal dan Manajemen Penjualan
  6. Pemasaran Langsung dan Online : Model Pemasaran Baru

12
13
14

15
16
17
13
  1. Presentasi Kelompok 1 & Diskusi
  2. Presentasi Kelompok 2 & Diskusi

14
  1. Presentasi Kelompok 3 & Diskusi
  2. Presentasi Kelompok 4 & Diskusi

15
  1. Presentasi Kelompok 5 & Diskusi
  2. Presentasi Kelompok 6 & Diskusi

16
Final Test


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar