SILABUS
STIE DHARMA ISWARA MADIUN
1. Mata Kuliah : MANAJEMEN PEMASARAN
2. Kode MK : EKM 115
3. Bobot : 3 SKS
4. Jenjang : S-1
5. Deskripsi MK : Matakuliah Manajemen Pemasaran menjelaskan tentang berbagai hal yang berkaitandengan pemahaman dasar manajemen pemasaran termasuk perkembangannya di abad21, analisis kesempatan pasar, pengembangan strategi pemasaran, pengambilankeputusan pemasaran, dan bagaimana mengelola program pemasaran secara efektif dan efisien. Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi informasi dankomunikasi yang begitu pesat, maka pemahaman terhadap teknologi tersebut dalammenunjang dunia pemasaran menjadi sangatlah berarti, seperti e-commerce.Matakuliah ini juga membahas mengenai teori dan konsep pemasaran, khususnyayang berkaitan dengan pengelolaan pemasaran nasional, regional, dan internasioanl.Dalam topic-topik tertentu dibahas tentang Analisis Situasi Strategi dan ProgramPemasaran, serta Kordinasi dan Pengendalian Pemasaran.
6. Tujuan MK : Tujuan yang ingin dicapai dari mata kuliah ini adalah: 1.Memberikan penjelasan tentang konsep-konsep pemasaran,dan perancanganstrategi Pemasaran. Meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang aspek strategi pemasaran dan bauran pemasaran jasa.2.Melakukan Analisis Situasi dan kemudian merumuskan kebijakan pemasaranyang relevan.3.Melakukan evaluasi dan pengendalian pemasaran.
7. Komposisi Penilaian : Midle test 30 %
Final test 35 %
Terstruktur 20 %
Diskusi kelas 15 %
Mahasiswa masuk kuliah minimal 80 %
8. Konversi Penilaian : 100 – 80 A
75 – 79 B+
70 – 74 B
65 – 69 C+
60 – 64 C
55 – 59 D+
50 – 54 D
49 dan < E
9. Buku Wajib :
- Philip Kotler dan Gary Amstrong, 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Alih Bahasa oleh Alexander Sindoro, Edisi Kesembilan, Jilid 1, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
- 2004, Dasar-dasar Pemasaran, Alih Bahasa oleh Alexander Sindoro, Edisi Kesembilan, Jilid 2, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
- Charles w. Lamb, Joseph F. Hair dan Carl McDaniel, 2001, Pemasaran, Edisi Pertama, Buku 1 & 2, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
- Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 1 dan 2, Penerbit Prenhallindo, Jakarta
- 2005, Manajemen Pemasaran, alih bahasa : Benyamin Molan, jilid 2, edisi 11, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta
10. Buku Anjuran
· Bebas
11. Skedul dan Acuan :
TM | Materi | Acuan |
1 | RISET DAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN | Buku I Bab 4 Buku III Bab 8 |
2 | PASAR KONSUMEN DAN PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN | Buku I Bab 5, Buku III Bab 5 |
3 | PASAR INDUSTRI DAN PERILAKU PEMBELI DI PASAR INDUSTRI | Buku I Bab 6 Buku III Bab 6 |
4 | MENSEGMENTASI, MEMBIDIK DAN MELAKUKAN POSITIONING DI PASAR GUNA MENDAPATKAN KEUNGGULAN BERSAING | Buku I Bab 7 Buku III Bab 7 |
5 | PEMASARAN LANGSUNG DAN ON LINE | Buku II Bab 1 |
6 | PEMASARAN SATU PER SATU (ONE TO ONE MARKETING) | Buku III Bab 20 |
7 | LANJUTAN | |
8 | UTS | |
9 | STRATEGI PERSAINGAN : MENARIK, MEMPERTAHANKAN DAN MENUMBUHKAN PELANGGAN | Buku II Bab 18 |
10 | PASAR GLOBAL | Buku II Bab 19, Buku III Bab 4, Buku V Bab 13 |
11 | LANJUTAN | Bab 10 |
12 | PEMASARAN DAN MASYARAKAT : TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN ETIKA PEMASARAN | Buku II Bab 20 |
13 | LANJUTAN | |
14 | ANALISIS TERHADAP PESAING | Buku IV Bab 8 Buku III Bab 9 |
15 | LANJUTAN | |
16 | UAS |
halloooooooo............
BalasHapus